PERKAWINAN FIGARO

 

7 s/d 22 Juli 1989 – 16 hari

GEDUNG KESENIAN JAKARTA

 

SINOPSIS

Figaro dan Susan, merencanakan pernikahan mereka. Restu pernikahan datang dari Almaviva – majikan mereka, penguasa sebuah puri – dengan satu syarat. Syarat itu, yang telah berabad – abad mentradisi, adalah : Almaviva harus mencicipi keperawanan Susan sebelum gadis itu diserahkan kepada suaminya yang sah, Figaro.

Menikmati hak itu dengan senang hati. Tentu saja karena pada dasarnya ia mata keranjang dan gemar mengganggu wanita – wanita bahkan yang sudah jadi istri orang. Para wanita itu, lantaran masih dalam lingkungan puri, mereka tak berdaya menangkis gangguan majikan mereka. Tapi kali ini, Almaviva ketemu batunya. Susan dan Figaro, sepasang pelayan yang cerdik, dengan berbagai akal menghindar dari bujuk rayu bahkan akal licik Almaviva. Mereka dibantu oleh Nyonya Almaviva yang menyesalkan ketidaksetiaan suaminya tapi juga ingin ‘memiliki’ kembali suaminya itu.

Akal versus akal, siasat lawan siasat dan bujuk rayu kalah oleh kesetiaan cinta. Hambatan demi hambatan yang menghadang di depan Figaro disingkirkan dan tanpa diduga ia malah ketemu dengan ibu dan ayah kandungnya. Padahal, ia nyaris dipaksa untuk menikahi marselin, wanita yang ternyata adalah ibu kandungnya. Mereka dipisahkan oleh musibah berpuluh tahun lalu.

Tokoh – tokoh jenaka bermunculan, masing – masing dengan gayanya. Bartolo, Bazil, Tjetje Rubin, Fanset, Tonio, Bridoison, Dobelmon dan banyak lagi. Mereka bukan hanya menyebarkan humor tetapi secara tidak langsung memercikkan ajaran tentang bagaimana menghadapi hidup yang serba keras dan korup ini. Dan itulah gaya khas TEATER KOMA : humor tanpa menggurui dan mengeritik tanpa berniat menyakiti. Lakon Prancis ini, oleh TEATER KOMA disadur dengan bebas. Peristiwanya kemudian dialihkan ke sebuah tanah partikelir di sekitar BATAVIA, pada akhir abad ke-19, saat Belanda masih menancapkan kuku kekuasaannya di Indonesia. Pada kenyataannya, lakon ini akhirnya menemukan akarnya di mana pun, sebab inti ceritanya sangatlah manusiawi : bahwa ‘kekuasaan cenderung korup’. Sesudah tertawa, semoga kita kemudia bersedia untuk bercermin.

SYNOPSIS

Figaro and Susan are planning their marriage. The Blessing of the marriage comes from Almaviva – their Lord who holds the power of the castle – with one requirement. The requirement, a tradition for ages, is that Almaviva must first taste the virginity of Susan before giving her to her husband, Figaro.

Almaviva as the ruler enjoys his right with pleasure. And of course, he has roving eyes and is fond of seducing all the women under his power. The women of the castle are usually powerless to stop his constant harrasment, however this time, Almaviva may finally meet his match. Susan and Figaro, clever servants of Almaviva, try to avoid his flattery and sly tricks. They are assisted by  Mrs. Almaviva who regrets the unfaithfulness of her husband, yet would like to have him back.

Trick versus trick, strategy versus strategy, flattery is defeated by the power of love. Obstacle after obstacle facing Figaro are eliminated until unexpectedly he meets his real mother and father. In fact, he is almost forced to marry Marselin, the woman who is actually his real mother. They were separated by accident years ago.
The comical figures appear, each with their own style. Bartolo, Bazil, Tjetje Rubin, Fanset, Tonio, Bridoison, Dobelmon and many others. They are not only spreading humour but also teaching us about how to face this hard life full of corruption. And that is the particular style of TEATER KOMA : humour without sermonizing and criticism without the intention to hurt.

This French play was freely adapted by TEATER KOMA. The setting of the story was changed to a private area around Batavia at the end of the 19th Century when the Dutch still had power in Indonesia. In reality, this play has its root everywhere, because the essence of the story is so universal : “power has the tendency to corrupt.”
After launching, may we have the will to reflect.


PARA PEMAIN

TITI QADARSIH

PRIJO S. WINARDI

IDRIES PULUNGAN

SARI MANUMPIL

CINI GOENARWAN,

MURBANI AKMALSYAH

BOEDI ROS, JOSHUA PANDELAKI

TAUFAN S. Ch. N, BUDI SOBAR

RONI M. TOHA, BUDI SURYADI

SUBARKAH HADISARDJANA,

MANTHA CITRA ALAMANDA

SRIYATUN LEGIOWATI,

LILI NURINDAH SARI

OTONG LENON

DUDUNG HADY

ROMA GIA

DORIAS PRIBADI

ASMIN TIMBIL, MANTHA CITA,

BUDI SURYADI

JUK NG, TONI TOKIM,

ALEX FATAHILLAH,

INDRA LOGO SITUMORANG

ANNEKE SIHOMBING

--------

--------

--------

--------

--------

 

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

 

--------

 

 

--------

ROSIN, NYONYA ALMAVIVA

ALMAVIVA

FIGARO

SUSAN

MARSELIN

 

TJETJE RUBIN

BARTOLO

BAZIL

TONIO

 

FANSET, DUET GADIS

 

DOM GUSMAN BRIDOISON ALKATIRI

DOBELMON

SOLEL

PEDRIL

PARA PENGAWAL

 

PARA HAKIM

 

 

PENGHUNI PURI

 

PARA PEKERJA

NASKAH KARYA

TERJEMAHAN

SADURAN BEBAS

SUTRADARA

ASISTEN SUTRADARA

TATA ARTISTIK

TATA MUSIK

ARANSEMEN MUSIK

PARA PEMUSIK

 

 

 

 

 

 

 

 

TATA RIAS & RAMBUT

KOSMETIK OLEH

TATA GERAK

TATA BUSANA

TATA GRAFIS

FOTOGRAFI POSTER/PAMFLET/

BUKU ACARA/IKLAN

TATA CAHAYA

TATA SUARA

URUSAN GRAFIS

URUSAN CAHAYA

URUSAN ADMINISTRASI/

PEMASARAN/SPONSOR

URUSAN HUMAS/PUBLIKASI

 

URUSAN KEUANGAN

URUSAN KARCIS

URUSAN KONSUMSI

URUSAN BUSANA

URUSAN RIAS & RAMBUT

URUSAN ARTISTIK

 

PENCATAT

FOTOGRAFI DOKUMENTASI

PIMPINAN PANGGUNG

PIMPINAN PRODUKSI

PRODUKSI KE – 49


--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

 --------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

--------

PIERRE DE BEAUMARCHAIS

ERLINA Cs.

N. RIANTIARNO

N. RIANTIARNO

JOSHUA PANDELAKI

SJAEFUL ANWAR

IDRUS MADANI

TIKO SUPRATIKWO

IDRUS MADANI (Ukulele, Perkusi)

BUDI INDERA CAHAYA (Gitar Akustik)

TIKO SUPRATIKWO (Piano Akustik)

EKO PARTITUR (Violin)

BENNY HUSEIN (Cello)

DUDY IMBANG WATJONO (Contra Bass)

DONNY IRAWAN (Flute)

ALI SABENI (Accordeon)

OHAN ADIPUTRA (Kendang)

SUBARKAH HADISARJANA

REVLON

TITI QADARSIH

ALEX FATAHILLAH

TASCH Graphic Design

TASCH Graphic Design, RIZAL PAHLEFI

 

M. THAIB

SARTONO

DORIAS PRIBADI

BUDI SOBAR

RATNA RIANTIARNO & TIM TEATER KOMA

 

RATNA RIANTIARNO ,DORIAS PRIBADI

& TIM TEATER KOMA

ASMIN TIMBIL

SARI MANUMPIL & TIM TEATER KOMA

ANNEKE SIHOMBING, ASMIN TIMBIL

DINI SAVITRI

ACHMEDI

NASRI WIJAYA, ROMA GIA,

INDRA LOGO SITUMORANG

ASMIN TIMBIL, BUDI ROS

RIZAL PAHLEVI, DESMAIZAL ZAINAL

NASRI WIJAYA

RATNA RIANTIARNO

TEATER KOMA bekerjasama dengan

KEDUTAAN BESAR PERANCIS,

PUSATKEBUDAYAAN PERANCIS

& GEDUNG KESENIAN JAKARTA